//Penyidik dan Penyelidik KPK Dilaporkan, BPK Buka Suara
Penyidik dan Penyelidik KPK Dilaporkan, BPK Buka Suara

Penyidik dan Penyelidik KPK Dilaporkan, BPK Buka Suara

satu penyelidik dan dua penyidik anggota KPK telah dilapor ke Polda Metro. Dikaitkan dengan pemberitaan terhadap laporan ini, BPK mengeluarkan klarifikasi secara resmi yang menyebutkan tak pernah terlihat, apalagi disebut menjadi pihak sebagai pelapor.

Semua penjelasan ini tertera dalam 4 poin sebagai pemberitaan dalam media massa pada hari Senin 30 Oktober dan juga hari ini 31 Oktober. BPK pun menjelaskan, bahwa secara institusi ini tak pernah melaporkan ketiga penyidik KPK, seperti yang ada di dalam pemberitaan.

BPK juga memberikan penjelasan terkait Arief Fadillah yang ada dalam pemberitaan menyebutkan melaporkan dua penyidik KPK yang bernama Edy Kurniawan dan Arend Arthur. Arief Fadillah merupakan salah seorang terduga kasus pencucian uang yang turut menjerat mantan auditor BPK yakni Rochmadi Saptogiri.

“BPK mempunyai auditor yang bernama Arief Fadillah yang memiliki tugas di Auditorat Keuangan Negara VI, dan juga pernah dipanggil oleh KPK dalam dimintai keterangan. Tapi, yang bersangkutan ternyata bukan Arief Fadillah yang diberitakan melapor penyidik KPK kepada Polda,” ungkap Kabiro Humas dan Kerja Sama Internasional BPK Yudi Ramdan Budiman melalui keterangan dari pers, hari Selasa 31 Oktober 2017.

Sementara dari tiga penyelidik/penyidik KPK yang telah dilaporkan, hanya ada satu yang merupakan pegawai dari BPK dan sedang dipekerjakan di dalam bagian KPK yakni Ario Bilowo. Ario, dalam pemberitaannya, disebut sebagai penyelidik KPK yang tengah dibantu oleh BPK.

Baca Juga : Ibra: Kaget Bila Orang-Orang tentang Cederaku yang Sebenarnya

“Dari ketiga penyidik/penyelidik KPK yang telah dilaporkan ke Polda, cuma satu saja yang merupakan pegawai dari BPK dan sedang dipekerjakn oleh KPK yakni Ario Bilowo,” kata Yudi lagi.

Dalam poin yang keempat ini, Yudi menberitahukan laporan atas ketiga penyelidik/penyidik KPK bukan dibuat langsung oleh pegawai BPK. Melainkan orang tak pernah terkait langsung secara institusi.

“Informasi dan kabar yang kami terima, pelaporan kepada Polda dilakukan oleh orang yang tak ada kaitannya dengan BPK secara institusi,” tambah Yudi.

Diketahui juga, yang melakukan laporan terhadap penyelidik KPK, yang bernama Ario Bilowo kepada Polda yaitu Ikham Aufar. Ikham merupakan anak dari Rochmadi Saptogiri, mantan dari auditor BPK yang telah dijerat oleh KPK.

Surat Perintah Dimulainya Penyidikan (SPDP) dari ketiga laporan diketahui telah terbit. Berhubungan dengan hal ini, kasus untuk Ario Bilowo, Polda Metro telah memeriksa 6 orang sanksi namun belum menetapkannya sebagai tersangka. Ario sendiri telah pernah dimintai keterangannya.

“Belum ditetapkan tersangka, namun kasus telah diselidiki. Ya nantinya akan gelar perkara dulu,” ucap Kabid Humas Polda Metro Kombes Argo Yuwono, hari Senin 30 Oktober kemarin.