Fenomena Alam Seperti Apa yang Akan Terjadi Di Sepanjang Tahun 2019 Ini?

Sepertinya akan banyak hal yang terjadi di sepanjang tahun 2019 ini. Bukan hanya mengenai pilpres saja, melainkan juga sederet fenomena alam yang akan membuat mu terpukau. Memang hal-hal yang berhubungan dengan alam merupakan hal-hal yang tidak dapat diprediksi dan terkadang di luar akal sehat. Namun, hal tersebut menjadi pengetahuan baru mengenai alam yang perlu diketahui.

Dikutip dari laman SkyandTelescope, setidaknya akan ada 5 fenomena alam yang akan terjadi di sepanjang tahun 2019 ini, salah satunya seperti gerhana. Apa sih gerhana itu? Gerhana merupakan fenomena astronomi yang terjadi ketika sebuah benda angkasa bergerak ke dalam suatu benda angkasa lainnya. Pada nantinya, gerhana-gerhana tersebut akan melingkupi benda langsit paling vital di seluruh sistem tata surya kita, yaitu matahari dan bulan.

Fenomena gerhana ini dapat kita saksikan secara langsung dari luar rumah dengan sensasi yang sangat berbeda sekaligus indah. Tetapi hati-hati ya, konon katanya ketika kita melihat gerhana secara langsung dengan mata yang tidak dilapisi oleh kaca mata, maka akan memberikan dampak negatif pada penghilatan kita. Nah, selain gerhana, kira-kira apa lagi ya fenomena alam yang akan menyapu bumi di sepanjang tahun 2019 ini? Yuk kita simak ulasannya

Fenomena Alam

1. Gerhana Matahari Total

Gerhana Matahari Total terakhir kali menyapu bumi pada tahun 2017 silam, dan konon katanya gerhana ini akan kembali dapat disaksikan selambat-lambatnya pada tanggal 2 Juli nanti. Hanya saja, kali ini gerhana matahari total hanya dapat disaksikan sebatas Samudra Pasific Selatan saja. Proses keseluruhan terjadi selama 89 menit namun kejadian ketika bayangan menutup matahari hanya terjadi selama 4 menit 2,38 detik saja.

2. Supermoon

Supermoon merupakan peristiwa ketika bulan berada di titik terdekat dengan bumi di dalam orbitnya. Dikarenakan inilah sebagian besar masyarakat dunia dapat menyaksikannya dengan jelas. Selain itu, ketika peristiwa ini pula bumi akan menjadi lebih terang dibandingkan biasanya. Uniknya lagi, bulan juga akan memancarkan cahaya merah yang biasa kita kenal sebagai blood moon. Fenomena supermoon akan terjadi tepatnya pada tanggal 21 Januari, 19 Februari dan 21 Maret, bersamaan dengan terjadinya gerhana bulan. Hanya saja, gerhana bulan tidak dapat disaksikan di Indonesia karena terjadi ketika siang hari.

Walau terjadi tepat di tiga tanggal yang telah disebutkan sebelumnya, supermoon terbesar akan terjadi tanggal 19 Maret ketika bulan berada dititik terdekat bumi, yaitu lebih kurang dari 356.ooo km. Banyak masyarakat yang memilih untuk pergi ke pantai untuk menyaksikan supermoon secara langsung karena dianggap lebih tenang dengan lokasi yang luas dan terbuka. Selain itu, menyaksikan posisi bulan ketika terbenam terlihat sangat cantik dan menakjubkan.

3. Gerhana Matahari Cincin

Selanjutnya ada Gerhana Matahari Cincin yang merupakan fenomena ketika bulan berada diantara bumi dan matahari, hanya saja jarak bulan dan bumi tidak sedekat ketika gerhana matahari total terjadi. Nah, untuk jenis gerhana yang satu ini, tidak diperbolehkan atau sangat dilarang untuk melihatnya secara langsung dengan mata telanjang, dikarenakan pandangan mata akan membuat energi cahaya matahari yang masuk bertambah besar sehingga akan memberikan dampak negatif kepada retina mata atau sel-sel lainnya yang bersifat sensitif terhadap pencahayaan. Ketika hal ini terjadi dan kamu ingin melihatnya secara langsung, usahakan untuk menggunakan filter khusus seperti teropong atau kaca mata khusus.

Tahukan kamu bahwa ternyata fenomena alam supermoon memberikan dampak terhadap kualitas tidur kita, lho. Kualitas tidur tersebut dapat terjadi karena disebabkan oleh adanya hipotesis gravitasi. Selain itu, cahaya yang muncul dari fenomena supermoon ini juga memang telah terbukti dapat mempengaruhi tidur dari seseorang. Wah, suatu informasi baru lagi! Pada dasarnya, hal-hal yang terjadi dan berhubungan dengan fenomena alam memang terkadang sering kali di luar akal sehat dan cenderung tidak dapat diprediksi.

Mau tahu dua fenomena alam lainnya yang belum disebutkan? Yuk baca informasi lengkapnya di https://www.cekaja.com/info/siap-siap-5-fenomena-alam-ini-akan-terjadi-di-tahun-2019/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *