Mengenal Kartu Pra Kerja. Siapa Saja yang Berhak Mendapatkannya?

Bagi kebanyakan orang khususnya yang hingga saat ini belum mendapatkan pekerjaan, wacana akan kemunculan Kartu Pra Kerja menjadi hal yang dinanti-nanti karena dinilai akan sangat menguntungkan bagi mereka. Bagaimana tidak? Semua orang akan senang ketika belum memiliki pekerjaan namun berhak untuk mendapatkan gaji.

Eits, tunggu dulu. Pandangan di atas adalah anggapan bagi orang-orang yang belum memahami betul apa itu Kartu Pra Kerja. Karena perlu kamu ketahui bahwa tidak semua pengangguran berhak untuk mendapatkan Kartu Pra Kerja. Mengapa? Karena terdapat beberapa persyaratan yang dijadikan sebagai acuan pemerintah dalam menentukan siapa saja masyarakat yang berhak untuk mendapatkan Kartu Pra Kerja.

Wacana dalam proses penentuannya pun terbilang ketat karena dengan adanya Kartu Pra Kerja tentunya akan banyak membutuhkan dana yang harus dikeluarkan pemerintah. Selain itu, ditambah lagi dengan tingkat pengangguran di Indonesia yang terbilang tinggi tentunya akan memberatkan pemerintah untuk mengeluarkan dana yang tidak sedikit.

Sebelumnya, pihak pemerintah sudah memberikan beberapa keterangan terkait dengan regulasi yang akan diterapkan pada Kartu Pra Kerja yang harus kamu ketahui. Pada dasarnya tidak semua pengangguran di Indonesia bisa ikut dalam program Kartu Pra Kerja. Mengapa demikian? Karena penerimaan program Kartu Pra Kerja hanya diperuntukkan kepada para pengangguran yang telah mengikuti pelatihan keterampilan yang yang ditetapkan oleh pemerintah namun belum mendapatkan pekerjaan.

Untuk itu, selama belum mendapatkan pekerjaan, pihak pemerintah akan memberikan insentif melalui Kartu Pra Kerja. Karena tentunya negara beserta pemerintah juga wajib untuk memikirkan nasib masa transisi yang dialami oleh masyarakat yang belum mendapatkan pekerjaan. Salah satu contohnya yaitu ketika seorang pengangguran yang telah mengikuti pelatihan baru mendapatkan pekerjaan dua bulan setelah pelatihan, maka insentif dari pemerintah akan diberikan selama dua bulan saat seseorang tersebut masih menganggur. Akan tetapi ketika seseorang telah berhasil mendapat pekerjaan, tentunya insentif dari pemerintah akan dicabut.

Oleh karena itu terdapat jangka waktu yang telah ditentukan oleh pemerintah dalam hal pemberian insentif melalui Kartu Pra Kerja. Pihak pemerintah memastikan bahwa terdapat tim penilai yang akan mengawasi pemberian insentif Kartu Pra Kerja agar program ini berjalan dengan efektif dan tepat sasaran.

Terkait dengan regulasi para pengangguran yang akan mendapatkan kesempatan pelatihan keterampilan, hal ini akan diserahkan kepada salah satu lembaga pemerintah yaitu Kementerian Tenaga Kerja. Walaupun program ini membutuhkan anggaran yang besarĀ  sehingga akan berpotensi membebani APBN, akan tetapi hal ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia di Indonesia.

Setelah mengetahui gambaran umum terkait dengan Kartu Pra Kerja, kamu juga harus mengetahui tingkat lulusan apa saja yang berhak untuk mengikuti program Kartu Pra Kerja. Bagi kamu yang ingin mengetahuinya, yuk simak informasi berikut ini:

Lulusan Sekolah Menengah Pertama (SMP)

Kemampuan seseorang dalam menuntut ilmu tentunya berbeda-beda, hal ini kembali lagi pada keadaan perekonomian maupun pandangan orang tersebut terhadap seberapa pentingnya pendidikan. Hingga saat ini, tidak sedikit orang yang hanya mampu menyelesaikan pendidikannya pada tingkat Sekolah Menengah Pertama atau yang biasa disebut dengan SMP. Namun kamu jangan putus asa, karena tingkat SMP tetap dapat mengikuti program Kartu Pra Kerja.

Lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA)

Program Kartu Pra Kerja ini tentunya juga dapat diikuti oleh para lulusan SMA. Mengapa? Karena pada jenjang SMA masing-masing para siswa sudah dapat menentukan bidang yang sesuai dengan keahlian mereka. Salah satu contohnya yaitu bidang Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dan bidang Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Tentunya hal ini akan memudahkan kamu untuk menentukan bidang pekerjaan yang sesuai dengan keterampilan yang kamu miliki.

Lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)

SMK menjadi salah satu alternatif bagi para siswa yang ingin segera mendapatkan pekerjaan ketika sudah lulus sekolah. Mengapa? Karena apabila kamu masuk SMK, proses pembelajaran pada umumnya dilakukan secara praktik. Jadi selama sekolah kamu sudah terbiasa dengan menerapkan langsung ilmu pengetahuan yang sesuai dengan bidang kamu dalam bentuk praktik. Hal ini pun yang dapat menjadi nilai lebih bagi kamu untuk mendapatkan kepercayaan dari perusahaan.

Lulusan Universitas

Walaupun dapat dikatakan sebagai pendidikan dengan tingkat yang tinggi, namun tidak menjadikan para sarjana cepat dalam mendapatkan pekerjaan. Karena hal tersebut kembali lagi pada kualitas dan keterampilan yang dimiliki oleh diri kamu masing-masing. Tidak sedikit para sarjana yang kesulitan dalam menjadi pekerjaan. Untuk itu, salah satu caranya kamu dapat mengikuti pelatihan melalui Program Pra Kerja.

Nah, setelah membaca informasi tersebut tentunya kamu sudah dapat menentukan apakah diri kamu sudah masuk ke dalam kriteria yang berhak mengikuti program Kartu Pra Kerja atau tidak. Lalu, bagi kamu yang ingin mengetahui informasi lebih terkait dengan Kartu Pra Kerja, kamu dapat membacanya disini: https://www.cekaja.com/info/mengenal-kartu-pra-kerja-janji-baru-joko-widodo/

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *