Sebaiknya Pahami Hal Ini Dulu Sebelum Pinjam Dana Tunai Tanpa Agunan

Keterpaksaan untuk memenuhi kebutuhan keuangan atau kebutuhan finansial, terkadang memang tidak bisa ditahan. Apalagi, saat ini sudah banyak bantuan jasa pinjaman dana tunai cepat tanpa agunan yang persyaratannya mudah dengan waktu yang tergolong cepat, sehingga banyak orang yang tergiur dengan tawaran menarik dari pinjaman dana tunai cepat.

Tidak hanya itu, jenis pinjaman atau kredit yang ditawarkan dari beberapa penyedia jasa keuangan pun beragam dan bervariasi. Mulai dari pinjaman dana tunai dengan agunan hingga yang tanpa agunan, atau yang biasa disebut KTA (Kredit Tanpa Agunan). Sehingga, tak sedikit orang lebih sering memilih jenis pinjaman tanpa agunan.

Namun, sebaik apapun prodak keuang yang ditawarkan, pasti memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri. Maka dari itu, jika Anda berniat untuk melakukan pinjaman dana tunai tanpa agunan, sebaiknya pahami dulu beberapa jal berikut ini:

1. Suku Bunga Pinjaman Tanpa Agunan Cenderung lebih Tinggi

Seperti yang kita tahu, bahwa produk pinjaman atau kredit pasti memiliki suku bunga. Untuk itu, jika Anda berniat ingin mengajukan pinjaman dana tunai tanpa agunan, hal yang perlu Anda perhatikan adalah besar suku bunganya.

Bunga yang ada para produk pinjaman, ada bukan tanpa alasan. Bunga diadakan, untuk mengurangi risiko yang terjadi dari pihak bank, karena peminjam tidak diwajibkan untuk memberikan jaminan. Namun, meski suku bunga tiap lembaga tidak jauh berbeda, Anda tetap perlu cermat dalam memilih, karena hal tersebut akan memperngaruhi jumlah tagihannya tiap bulan.

Baca Juga: Butuh Modal Usaha? Melalui KTA Saja!

2. Skor Kredit yang Dibutuhkan biasanya harus tinggi dan terpercaya

Sebelum mengajukan pinjaman, pastikan skor kredit Anda pada kartu kredit berada pada nilai positif. Karena, pihak bank pasti akan melakukan penilaian dari skor kartu kredit Anda. Pihak bank juga tidak akan mudah menyetujui pengajuan Anda, jika status kredit dan kondisi finansial Anda tidak baik. Semua itu dilakukan agar, pihak bank bisa memberikan pinjaman dengan jumlah tertentu sesuai dengan kemampuan Anda untuk melunasi tagihan.

3. Bandingkan Jasa Pinjaman Tanpa agunan Lainnya

Selanjutnya adalah melakukan perbandingan antara penyedia jasa atau bank yang satu dengan yang lainnya. Pastikan, Anda memilih penyedia jasa keuangan yang cocok dengan Anda.

Sebut saja, saat ini sudah banyak penyedia jasa keuangan online yang bisa membantu Anda dalam melakukan perbandingan antara produk pinjaman dari bank yang satu dan yang lainnya, bahkan langsung bisa mengajukan secara online.

Meski mudah, Anda juga harus tetap berhati-hati. pilihlah pinjaman dana tanpa agunan yang aman dan terpercaya. jangan sampai Anda terjebak dalam tagihan yang malah merugikan Anda, karena kurangnya keamanan dari segi penagihan hingga kebocoran data nasabah.

4. Perhatikan Jumlah Biaya Tambahan

Meski memiliki embel-embel nama pinjaman tanpa agunan, bukan berarti Anda bebas dari segala biaya-biaya lainnya. Karena, biasanya pihak penyedia jasa keuangan akan memberikan biaya-biaya tambahan lain. Pihak penyedia jasa akan melakukan hal tersebut karena takut menerima risiko yang bisa saja terjadi.

Sebelum itu, Anda cari tahu seberapa banyak biaya tambahan yang harus dibayarkan sebelum melakukan perjanjian pinjaman. Jangan sampai biaya tambahan tidak diberitahukan kepada Anda di awal pengajuan, sehingga Anda akan merasa dirugikan oleh pihak penyedia jasa.

5. Pastikan cara ini merupakan solusi terakhir Anda

Sepenting apapun kebutuhan keuangan Anda, pastikan mencari solusi teraman yang bisa Anda lakukan, agar terhindar dari kerugian setelahnya.

Mengajukan pinjaman untuk situasi genting memang bisa menjadi salah satu solusi baik, namun, pastikan dana pinjaman benar-benar Anda gunakan untuk kebutuhan mendesak dan penting. Seperti membayar biaya rumah sakit, atau pendidikan dan lain-lain.

6. Hindari meminjam untuk membayar utang, atau gali lubang tutup lubang

Tidak sedikit orang yang memilih pinjaman tanpa agunan untuk keperluan membayar tagihan utang yang telah ada, atau istilahnya gali lubang tutup lubang. Bukannya lebih baik, keputusan seperti ini tentu akan membuat Anda terus terlilit jeratan utang.

Sebaiknya Anda membayar utang dengan uang yang berasal dari upah gaji atau penghasilan tetap. Karena memiliki utang tentu membuat Anda mempunyai beban tanggung jawab untuk bisa melunasinya. Jadi, usahakan saat akan melakukan pinjaman tanpa agunan, Anda tidak memiliki tagihan lain agar proses pelunasan utang ini tetap di bawah kendali Anda.

Untuk lebih memudahkan Anda dalam menemukan pinjamna dana tunai tanpa agunan yang cocok, Anda bisa cek perbandingan dari berbagai bank di situs Cekaja.com. Karena, di sana Anda bisa melihat berbagai macam pilihan produk pinjaman yang pastinya akan disesuaikan dengan kondisi finansial Anda.

Silahkan cek informasi selengkapnya di link berikut ini:

https://www.cekaja.com/kredit

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *